Kamis, 14 Mei 2009

Laporan Prak. Grafika ke-7

•RENDERING
Rendering (pengecatan) adalah sebuah cara dalam grafika computer untuk membuat pemandangan nampak nyata atau visualisasi objek 3 dimensi menjadi riil.
Ada beberapa factor yang mempengaruhi yaitu :
1. Cahaya
2. Sifat atau karakteristik bahan
3. Posisi kamera
4. Dll

•LIGHTING
Lighting atau pencahayaan merupakan statu metode yang dapat diterapkan pada proses rendering untuk menjadikannya sebuah objek menjadi terlihat berbeda.

Dalam proses Rendering dan lighting dipengaruhi beberapa factor yaitu:
1. Jarak objek dengan sumber cahaya.
2. Posisi objek.
3. Bentuk [permukaan objek.

• MODEL BAYANGAN
a. Bayangan Rata (flat shading)
Pemberian bayangan rata(flat) merupakan cara termudah untuk dibuat dan mempunyai karakteristik sebagai berikut:
- Pemberian tone yang sama untuk setiap polygon.
- Perhitungan jumlah cahaya mulai dari titik tunggal pada permukaan.
- Penggunaan satu normal untuk seluruh permukaan.
Pemberian bayangan rata ini mengasumsikan bahwa setiap muka polygon dari sebuah objek adalah rata dan semua titik pada permukaaknya mempunyai jarak yang sama dengan sumber cahaya.
b. Bayangan halus
Bayangan ini yaitu membuat perubahan setahap demi setahap dalam pemberian bayangan pada sebuah permukaan Cara ini mengijinkan pemberian bayangan pada satu muka lebih pudar dibandingkan muka yang lain.
• JENIS-JENIS CAHAYA
a. Cahaya Pantulan
b. Cahaya Tersebar
c. Cahaya Spekular
d. Cahaya Ambient
• WARNA
1. Metode Scanline
Yaitu metode dengan menentukan overlap interval untuk scanline yang melintasi area.
2. Metode Inside Outside Test
Yaitu metode dengan memulai dari titik tertentu pada posisi di dalam polygon dan menggambar dengan arah menyebar kepinggir sampai batas polygon.
3. Metode Boundary Fill
Yitu pendekatan untuk mengisi suatu bidang polygon dengan Bundary fill. Metode ini bermanfaat untuk paket-paket grafik interaktif dimana titik dalam dapat dengan mudah ditentukan.
4. Metode Flood Fill
Yaitu metode yang dimulai pada ttitik (x,y) dan mendefinisikan seluruh pixel pada bidang tesebut dengan warna yang sama.
• SHININESS
Shininess merupakan pemberian efek cahaya sehingga menimbulkan warna yang berkilauan. Efek berkilauan ini untuk melengkapi efek cahaya diffuse, specular dan ambient pada saat cahaya mengenai permukaan objek.
• TEXTURING
Texturing merupakan proses penambahan tekstur ke permukaan objek. Penambahan tekstur ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
1. Tambahkan citra bitmap atau citra lainnya ke permukaan objek.
2. Memodifikasi nilai vector normal pada permukaan objek sehingga pemberian cahaya pada permukaan didistorsi.

Tidak ada komentar: